Mushalla dan Mall-Mall di DKI

( Penelusuranku ke salah satu Mall di Kelapa Gading )


Jam telah menunjukkan 18:40 WIB tepat hari Senin, 7 April 2008 dan saya baru saja selesai memarkirkan sepeda motor setiaku di lantai bawah tanah dari salah satu Mall di area Kelapa Gading. Karena kuingat bahwa aku belum menegakkan Sholat Maghrib, buru-buru kuajak istriku untuk menuju ke lantai tiga dimana biasanya terdapat Mushalla yang berlokasi tidak jauh dari SOGO. Begitu sampai disana, aku tercenung melihat bahwa Mushalla yang ada telah digeser ke salah satu area yang berdekatan dengan Time Zone dan Restoran cepat saji Goiza masih di lantai yang sama.

Karena waktu semakin sempit bergegaslah Kami kesana, dan sesampainya disana, dari jauh aku merasa lega karena tempat yang disediakan di tempat yang baru ini lebih lega, bersih dan terawat dibandingkan dengan tempat yang sebelumnya. Sempet timbul syak wasangka, jangan-jangan ini hanya karena baru, nantinya toch akan kotor juga alias gak terawat. Langsung kutepis syak wasangka itu dan kuharapkan Mushalla ini selalu terawat sebagai salah satu kontribusi sosial atau umum dari Mall yang bejibun adanya di Jakarta ini.

Begitu masuk, Kita langsung dihadapkan adanya penerima tamu jikalau hendak menitipkan sandal/sepatu kita pada petugas. Pelayanannya cukup ramah dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Untuk istri-istri yang menemani suami namun berhalangan, disediakan ruang tunggu yang cukup enak walaupun tidak seberapa luas, ya cukuplah untuk menampung sekitar 3 – 4 orang.



Masuk ke ruang wudhu, ada sekitar 3 kran air yang tersedia dengan debit air yang mencukupi dan lancar. Cukup enak dan nyaman ketika mengambil air wudhu disini. Kemudian setelah selesai berwudhu, telah disediakan alas kaki untuk mengeringkan kaki sebelum masuk ruang shalat.

Ruang shalat terbagi dua yaitu untuk wanita dan pria. Saya gak tau kondisi ruang wanitanya karena lupa difoto ama istri, namun di ruang pria karpet sejadahnya cukup bersih dengan warna merah menyala dan keliatan baru. Di bagian Imam tersedia tulisan Allah SWT dan Muhammad SAW dan secara umum ruangannya cukup bersih dan nyaman. Mudah-mudahan ini tetap terjaga sampai kapanpun.

Satu hal lagi, untuk papan petunjuk yang kurang keliatan kecuali yang sudah sering Sholat di Mushalla di Lantai 3 deket SOGO, disana ada pemberitahuan yang cukup jelas.





-Dian-










No comments: