F1 Monaco - 2008

Tepat pukul 19:00 WIB gelaran hajat besar Jet Darat dimulai, yang ditandai dengan padamnya kelima lampu start di Monaco. Balapan ini adalah untuk yang kesekian kalinya diadakan di jalanan Monaco yang terkenal akan sempitnya, sedikitnya ruang untuk over-taking, seringnya terjadi kecelakaan akibat perpaduan kecepatan mobil-mobil Formula 1 dan sempitnya trek.

Kali ini balapan dimulai dengan hujan yang cukup deras dan membuat hatiku dag-dig-der karena takut terjadi apa-apa dengan jagoanku dari Ferrari, Felipe Massa. Dari hasil kualifikasi kemarin, duo Ferrari, Massa dan Raikkonen menempati grid terdepan dan duo McLaren, Hamilton dan Kovvalainen dan disusul dengan pembalap fenomenal tahun ini Robert Kubica. Dia terkenal fenomena karena dietnya yang cukup ketat untuk meringankan beban mobil dan bagaimana dia bisa hampir selalu ada di podium dibandingkan kandidat juara, Raikkonen ataupun Hamilton.

Di bagian awal, duo Ferrari telah diselingi oleh Hamilton yang dengan cerdiknya mencuri celah diantara Massa dan Raikkonen sehingga dia dapat menyodok ke posisi kedua. Kemudian Hamilton tersandung masalah jalanan yang licin sehingga dia melorot ke posisi tengah, namun nantinya dengan sedikit kecorobohan Massa dan Kubica, maka dia menjadi juara di Monaco. Race ini penuh dengan tabrakan, mobil yang mlintir, yang bisa mengakibatkan hasil yang ada disini tidak akan pernah dapat diprediksi. Secara umum, dikarenakan minimnya overtaking maka hampir dipastikan pembalap yang menduduki posisi satu akan menjadi juaranya. Namun alangkah sayangnya Massa yang mendominasi balapan ini melakukan sedikit kesalahan dan membuat mobilnya mlintir dan membuat celah bagi Hamilton yang dengan riangnya memanfaatkannya. Selain itu Kubica juga hampir menjadi juara baru disini, jikalau saja dia bisa konsisten menjaga posisinya.

Akhir lomba, Hamilton menjadi juara disini, diikuti oleh Kubica dan Massa. Hasil disini menjadikannya kembali memiliki peluang menjadi juara dunia tahun 2008 dengan perolehan nilai sementara 38, disusul oleh the Ice Man, Kimi Raikkonen dengan nilai 35 dan Felipe Massa dengan nilai 34. Hasil ini masih bisa berubah karena masih banyak race dan kejadian yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Sementara itu, dari sisi konstruktor, Ferrari masih berada di puncak klasemen dengan nilai 69, diikuti McLaren Mercedes 53 dan BMW Sauber 52.

Sampai ketemu lagi 8 Juni 2008 di Canada.

-Dian-

No comments: