Mie Jowo di Kali Malang, Pondok Kelapa

Udah lama sekali aku pengen mampir ke rumah makan Mie Jawa "Jogja" yang sering aku lewatin kala aku melintas dari arah Kalimalang, Jakarta Timur ke arah Jalan Raden Inten. Dari namanya mengingatkanku akan Mie Jawa yang pernah aku nikmatin di Yogyakarta dulu. Waktu itu Mie Jawa yang kunikmatin pas sore-sore menjelang malem cukup mbikin aku masuk angin. Bukan kenapa-kenapa, karena waktu itu kita datengnya berombongan sekitar 7 orang. Udah gitu pas rombongan kita dateng, udah banyak orang yang pesen. Ditambah lagi pesenan kita yang waktu itu gak seragam, ada yang pesen Mie Godog, Mie Goreng, Nasi Goreng, jadinya nunggunya kelamaan dech. Aku sendiri sich ampe kekenyangan ama Es Kopyor yang aku pesen ampe dua gelas.

Warung ini posisinya ada di daerah pertemuan antara jalan Masjid Al-Wustho, jalan Inspeksi Kali Malang dan Pondok Bambu. Lebih jelasnya ya liat di peta disamping ini. Peta ini bisa diakses pada PETAKU Outlet makanan ini biasanya baru buka dari jam 17:00-an dan biasanya baru tutup ketika semua menunya habis. Dari wawacanda dengan Masnya yang lagi masakin Mie Goreng pesenanku, biasanya sich mereka buka sampai dengan jam 23:00-an. Tapi pas Senin malem kemarin, jam 20:30 aja hampir semua menu makanan yang ada udah ampir habis dipesan. Mungkin bisa jadi jam 21:30 mereka udah tutup. Selama ini rasanya mereka menerapkan filsafat Jawa, dimana jualan hari itu ya pas hanya untuk hari itu. Kalau ternyata banyak peminat pas hari itu, ya dengan terpaksa ditolak. Begitu juga dengan pas sisa, ya udah dibuang, karena semua masakannya tidak pakai pengawet sehingga hari itu juga musti habis, kalau gak habis ya musti dibuang.

Akhirnya hari itu, malem Senin di awal bulan Juni 2008, aku mendapatkan kesempatan untuk mampir ke warung itu. Pas aku masuk sudah banyak antrian, jadinya terpaksa nunggu dulu diluar. Iseng-iseng aku liatin menunya, ada Mie Goreng, Mie Rebus baik yang biasa ataupun Istimewa. Kalau di Yogyakarta sich namanya Mie Godog, karena cara masaknya memang digodog alias direbus. Trus ada Bihun Goreng, Rebus dan Nasi Goreng. Dari sekian menu itu, aku tertarik dengan menu yang namanya Nasi Magelangan, nach apa ini?? Aku tanya aja langsung ama mereka apa yang mereka maksud dengan menu yang satu ini. Eh ternyata menu ini adalah Nasi Goreng dicampur dengan Mie Goreng, eh asyik juga. Begitu aku mau pesen, eh udah habis, adanya tinggal Nasi, Mie atau Bihun aja.

Hal lain yang menarik dari Outlet atau Depot ini adalah cara memasaknya. Umumnya untuk memasaknya adalah pake Minyak Tanah atau pake Gas LPG, tapi di Depot ini memasaknya pake Anglo alias pake bahan bakar dari Arang. Dari pengalamanku selama ini, dengan memakai Anglo biasanya rasa masakannya menjadi lebih enak atau gurih, entah mengapa. Mungkin ini bisa jadi obyek penelitian menarik untuk anak-anak Kimia yang bisa meneliti kandungannya. Hal lain yang menarik darinya adalah tersedianya menu Teh Poci. Inget teh ini menjadikanku teringat dengan salah satu President Direktur P.T. Merpati Nusantara, Pak Wahyu Hidayat yang memimpin BUMN Penerbangan plat merah ini di tahun 2000-an. Beliau punya kebiasaan diwaktu meeting di sore hari, maka yang menjadi menu wajib adalah Teh Poci dengan teman-temannya, yaitu Telo Goreng/Rebus, Kacang Rebus, Ubi Rebus dan segala makanan kecil lainnya yang identik dengan makanan Wong Ndeso katanya. Padahal, aku ndiri sich bangga jadi orang Ndeso, karena hanya dari Ndesolah kita bisa makan Nasi. Emang mau kayak Jepang yang semuanya diHidroponik karena tanahnya udah gak bisa ditanemin lagi setelah dibom atom ama Amrik? Yang jelas warung ini menyediakan menu khas Jawa, dengan komunitas Jawa yang sudah agak jarang dikenal ama anak-anak muda sekarang. Mereka lebih bangga dan senang pake Bahasa Gaul seperti "Loe, Gue, Anak Nongkrong, Coy" tinimbang, Arek, Aku, Kowe dan lain-lain. Untuk harga sich lumayan terjangkau, tapi kalau ada orang pesen agak banyak dan menunya bervariasi maka kita musti ekstra sabar. Tapi tenang aja, orang Jawa itu sabar-sabar koq.. He.. He.. He.. He...

-Dian-

1 comment:

Laptop Malang said...

Salam dari adik kelas di SMA Negeri 1 Malang om.. Saya angkatan 1999 :)

Monggo visit laptop malang