Adipati Sengguruh ke USA???


Pagi ini aku mendapatkan suatu email yang cukup menarik perhatianku. Email ini dikirimkan oleh salah seorang rekan dari SMAku, SMA Negeri 1 Malang, Jawa Timur yang sekarang berdomisili di Hawaii, Amerika nun jauh disana. Dalam emailnya dia menyampaikan bahwa kami dari para alumni SMA N 1 Malang yang pernah mempergelarkan ludruk episode "Adipati Sengguruh" bisa dan kemungkinan besar untuk diundang mementaskannya di Hawaii, khususnya di area East West Center University of Hawaii. Hal ini dikarenakan di universitas bersangkutan sudah tersedia perangkat gamelan yang lengkap plus dengan para penabuhnya yang berhidung mancung, mata biru, kulit cerah namun sangat luwes dalam memainkan gamelan, memakai pakaian adat Jawa. Terbayang sudah dalam benakku, bule-bule itu dengan luwesnya memainkan gamelan dengan apik yang sekarang sudah banyak ditinggalkan oleh kawula muda Indonesia termasuk saya sendiri. Tak terbilang senangnya mendengar khabar bahagia ini dan segera terbayang persiapan yang melelahkan namun menyenangkan dalam rangka itu, namun......

Namun setelah ngobrol beberapa saat dengan beberapa temenku, ternyata gak gampang untuk membawa ketoprak ini biar sukses ditampilkan disana. Masalah pertama adalah bahasa. Bahasa yang dipergunakan dalam Ketoprak seringnya adalah mempergunakan Bahasa Jawa namun tidak menutup kemunngkinan untuk memakai Bahasa Indonesia. Namun ada celetukan-celetukan yang seringnya dalam Bahasa Jawa yang terkadang tidak mudah untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Dan seringkali itulah kekuatan dari Ketoprak itu sendiri yang bisa membuat para penontonnya tertawa tergelak-gelak. Lha khan jadinya gak lucu donk kalau para penonton Indonesia pada tertawa sedangkan bule-bule itu tidak ngerti apapun? Nah lho? Kalau mau pake kayak yang di PBB dimana dengan mendengarkan suara melalui headset maka yang terdengar adalah terjemahan sesuai dengan bahasa pilihan. Namun lagi-lagi kendala tidak mudah menerjemahkan celetukan-celetukan ini yang sulit.

Kemudian, ide ceritanya diambil dari beberapa cerita asli dari suatu daerah sehingga jika mau dipergelarkan di luar negeri maka musti diberikan suatu prolog yang menjelaskan jalan cerita secara garis besar dan hal-hal yang melatar belakanginya. Mungkin hal ini bisa disiasati dengan memberikan penerangan kepada mereka, sehingga paling tidak para pirsawan dengan Bahasa Inggris itu bisa memahaminya. Ada yang bisa bantu gak ya???

-Dian-

No comments: