Jakarta BANJIR......................

Jakarta banjir.......

Ya, kemarin selama semingguan, 28 Juni - 6 Juli, 2008, Jakarta kebanjiran buku, persis kayak gambar yang dilukiskan pada kaos yang dijual IKAPI di Istora, Gelora Bung Karno.

Pengennya sich pas acara ini aku mau nyari buku-buku Tintin, terutama dari terbitan INDIRA yang belum aku punya, namun apa daya gak bisa kesana dari hari Sabtu, 28 Juni 2008 dan baru sempet kesana dua kali yaitu pada hari Rabu, 2 Juni dan Kamis, 3 Juni 2008.




Pas aku nyampe, langsung aja aku nanya dimana tempat aku bisa mendapatkan buku-buku bekas kepada para penjaganya, dan begitu ditunjukin, langsung aja aku meluncur kesana. Pas kesana di salah satu stan aku menemukan banyak sekali, ada sekitar 30-an lebih, "Tintin dan Jeruk Biru", tapi tak ada lagi Tintin lainnya. Cukup kecewa juga aku dan kata para penjajanya, Serial Tintin termasuk buku komik yang cukup banyak dicari. Ya udah, aku nanya juga, apakah mereka punya serial "Tanguy and Laverdure"? Waaa Mas, itu sich udah langka sejak dulu atuch... Gleks, tambah kuciwa dech ati ini. Yang aku lihat sich banyak komik Nina yang bertebaran, trus Asterix, ada beberapa komik "Steven Sterk", "Johan dan Pirlout" dan beberapa buku karya Soekarno yang masih pake Ejaan lama.



Iseng-iseng aku langkahkan kakiku ke lantai 2 dan Alhamdulillah masih kutemukan tiga buku Tintin terbitan Indira, yaitu "Tintin dan Kepiting Bercapit Emas", "Tujuh Bola Ajaib" dan "Hiu-Hiu Laut Merah". Seneng sekalie menemukannya namun ada yang sedikit aneh dalam komik ini. Keanehan yang pertama adalah hasil cetakan dari buku ini dimana hasilnya kerasa banget tidak sebagus cetakan Indira yang pertama. Kemudian kala aku cermatin teks sebagaimana yang terlihat pada gambar diatas, bahwa buku ini diterjemahkan oleh PT. INDIRA, sampai sini masih OK, tapi koq ada tulisan "CETAKAN EDISI KHUSUS", apa maksudnya ya?? Rasanya yang INDIRA punya gak ada tulisan ini dech. Trus di bagian bawah tertulis bahwa komik ini dicetak oleh PT. Intermasa, loch koq?? Bukannya Indira selama ini bertanggung jawab atas percetakan dan terjemahan Tintin di Indonesia sebelum diambil alih oleh Gramedia Pustaka Utama khan? Aku jadi rada bingung aja ngebaca ini. Namun untunglah isi cerita masih persis sama dengan yang aku ingat dengan baik dalam ingatanku. Oh iya, kalau ada temen-temen yang masih berminat untuk melengkapi koleksi komiknya, coba aja kontak Pustaka Sinar Harapan dengan Bpk. Budiyono yang bisa menghubungi +62-21-9614-0558.

Dalam usahaku berenang di lautan buku ini, aku juga beli buku dengan judul "Belok Kanan : Barcelona", buku kecil yang mengungkap perjalanan ke Eropa yang dilakukan oleh empat teman dalam buku itu. Aku tertarik untuk sedikit mengulasnya nanti kala aku kelar membacanya. Di kala aku udah agak kecape'an berenang hampir dua jam mengarungi lautan buku ini, tiba-tiba mataku tertumbuk pada cahaya yang berkilauan di ufuk utara di arah jam 12 dariku. Cahayaku itu menimpa mataku berulang kali dan memanggilku untuk mendekatinya, katanya "Come and get me...". Dengan segala daya yang tersisa aku kerahkan tenaga yang ada untuk mendekatinya. Semakin dekat, kulihat ternyata itu adalah pantulan dari kilauan mahkota para Pandawa yang berdiri dengan gagahnya sepulang dari Baratayudha dalam buku komik bergambar karya R.A. Kosasih. Sudah lama sekali aku tidak membaca buku komik bergambar tentang perwayangan yang dikarang R.A. Kosasih. Aku inget banget dulu orang tuaku membelikanku satu set buku Mahabarata yang terdiri atas judul A - D. Kemudian ketika aku naik kelas, Baratayudha-lah yang menjadi teman tidurku dan habis kulalap dalam sekejab. Trus kuteruskan pengalaman membacaku dengan menyimak Pandawa Sedha yang menceritakan dengan apik bagaimana para Pandawa meninggal dunia, dan seterusnya. Aku memang tidak pernah kuat nonton wayang kulit ampe pagi, tapi baca buku karya R.A. Kosasih membuatku lupa tidur. Buat rekan-rekan yang pengen beli buku komik bergambar tentang perwayangan bisa menghubungi:

Vindo Comics, Mall The Plasa Semanggi, Lt. 2, No. 118 Blok B atau di ITC Fatmawati Lt. 1 No. 151. Mereka bisa juga dihubungi di +62-21-929-11241 atau +62-813-1818-6001 atau +62-815-91-34183. Email juga bisa di Vindo Comics atau cek website mereka di Wayangkom.

Akhirnya, setelah bersusah payah, sampailah aku ke tepian pantai, dan kulihat dari kejauhan Banjir ini telah reda. Dan kemungkinan baru akan ada banjir lagi tahun depan atau September 2008.

-Dian-


No comments: