Ibu Rumah Tangga - Sebuah Profesi Mulia

Tulisan ini aku dapetin dari salah satu milist yang ku-ikuti. Tulisannya cukup menarik untuk disimak, dan pencerahan buat kita semuanya.

Ibu Rumah Tangga itu adalah suatu profesi yang teramat komplek dan untuk bisa menjadi seorang Ibu Rumah Tangga yang sukses dibutuhkan keahlian yang bermacam-macam dan jikalau itu dinilai dengan gelar, maka seorang Ibu Rumah Tangga akan memiliki gelar yang berendeng-rendeng karena sangking banyaknya dan berasal dari berbagai macam disiplin ilmu yang terkadang, aku sebagai lelaki tidak sanggup untuk mempelajari dan menerapkannya. Sebagian Job description dari seorang Ibu Rumah Tangga adalah sebagai berikut:

  1. Bendahara: mengatur flow keuangan dari jatah bulanan yang harus dibelanjakan dengan bijak
  2. Ahli gizi: menyediakan makanan yang bergizi dan sehat buat keluarga
  3. Guru: mengajar dan menyiapkan materi Home Schooling, membantu kedua anak kami belajar di sekolah rumah, mengatur jadwal kerja untuk anak2 (cuci tempat kura2, masak air untuk mandi,dll)
  4. Tukang kebun: merawat tanaman yang ada di pot rumah kami
  5. Tukang pijit: memijat suami dan anak2 sebagai ungkapan cinta saya kepada mereka
  6. Cleaning service: dibantu seseorang yang datang paruh waktu, dan kedua anak saya, kami cuci mobil,semir sepatu,cuci sandal,kosek kamar mandi,sapu,pel...
  7. Konselor: mendengarkan uneg2 dari suami dan anak2 (kalo yang ini timbal balik sih.. hehe..) memeluk mereka,memberi semangat
  8. Sie Repot: dll yang tidak terprediksi misalnya: kompres anak demam, tengah malam cuciin seprei yang kena muntah, tidur sambil duduk karena memangku bayi yang kolik, anter ke dokter untuk imunisasi, jemput mertua di bandara, kalo ada tamu nginep musti siapin segala sesuatunya.

Pendeknya, Ibu Rumah Tangga identik dengan Home Organizer, walau di. KTP dan SIM sih tetep aja ibu rumah tangga.

Suatu kehormatan jika ada Wanita Indonesia yang mau mengambil pekerjaan ini, suatu pekerjaan yang gak pernah diiklankan di JobsDB, JobStreet, Karir Dot Com, ataupun di-Head Hunter oleh para pencari kerja profesional. Namun jika pekerjaan ini ditawarkan kepada para suami, maka tanpa pikir panjang pasti akan langsung ditolak dikarenakan tidak sanggup.

Ibu.... Betapa besar jasamu padaku.....

Wanita Indonesia, sudikah dirimu mengambil tantangan ini dan menjadi Ibu Rumah Tangga yang baik???