Wikipedia Indonesia

Hmmm.... Mata ini udah ngantuk, tapi kalau aku tunda lagi aku gak tau lagi kapan bisa menuliskan tentang ini di blogku. Sebenarnya aku udah pengen banget menuliskan tentang Workshop Blog & Wiki yang telah diadakan di Jakarta Convention Centre pada hari Jum'at, 8 Agustus 2008 dalam hajatan besar Indonesia ICT Award 2008. Tema dari Indonesia ICT Award 2008 ini adalah Kebangkitan Nasional melalui Kreativitas Digital. Hmmm.... Tema yang cukup menarik. Aku rasa tema ini mengambil ide dari ajang 100 tahun peringatan Kebangkitan Nasional yang dimulai tahun 1908 dulu. Cukup nyambung dan menarik untuk dilaksanakan oleh segenap komponen bangsa dan bukan hanya tinggal jargon semata. Maklum, udah TST - Tahu Sama Tahu, bangsa kita paling pinter bikin singkatan or jargon tapi pelaksanaannya nol besar. Kayak lelucon Batalyon 805 yang sempat hinggap di salah satu perusahaan plat merah di negeri ini. Jadi, ada sekumpulan orang yang bisa digolongkan sebagai Batalyon 805. Artinya, mereka datang ke kantor dan absen tepat jam 08:00 WIB, pulangnya juga OTP - On Time Performance, tepat pukul 17:00 atau 05:00 sore, tapiiiiiiiii.... selama itu apa yang dikerjakannya itu hanyalah Nol Besar alias tak ada hasilnya apa-apa. Makanya mereka dijuluki sebagai Batalyon 805. Udah ach, koq jadi ngelantur begini ya...

Jadi workshop ini diadakan dalam dua gelombang, sesi pertama ditujukan untuk khalayak umum yang dimulai dari jam 09:00 - 11:00. Sedangkan sesi kedua ditujukan untuk kalangan perusahaan atau organisasi yang dimulai dari jam 14:00 - 16:00. Sedikit pandangan mata dari acara yang pagi bisa dibaca pula di Journalnya si Ricky, salah satu Wikipedian

Selama ini apa yang aku dengar dari teman-temanku kala mereka tahu bahwa aku sedang berkontribusi aktif di Wikipedia Indonesia, "Emangnya kamu dibayar berapa hingga mau berkontribusi di Wikipedia Indonesia??" Kujawab, tak ada. Semangkin heranlah mereka. Mungkin aku termasuk makhluk aneh kali ya di negeri yang semangkin materialistis ini, dimana segala sesuatunya selalu dinilai dengan uang, uang, uang dan uang. Subhanallah.. Langsung aja aku jelasin ke mereka bahwa situs ini dibangun oleh komunitas, dimana kami para Wikipedian dipersatukan oleh semangat untuk terus berkarya dan bahu membahu. Mungkin gampangnya bila kita ingat fenomena Operating System, Linux yang pernah membikin heboh negeri ini karena kehadirannya telah membangunkan si macan tidur Microsoft yang cukup terlena selama ini. Analogi sederhanaku, selama ini kita selalu merasa bahwa di Internet kita bisa dapetin uang sebanyak-banyaknya. Makanya jadinya aneh kalau ada orang yang mau meluangkan waktu tanpa dibayar sepeserpun.. Persis seperti komunitas Linux yang saling membantu, dimana jikalau ada sedikit lubang atau bug di Linux maka dalam waktu tidak terlalu lama bug tadi akan segera dibenerin oleh komunitasnya, karena sifatnya yang terbuka.

Namun walau dia bersifat terbuka, untuk bisa menulis di Wikipedia itu musti taat dengan panca pilar jikalau tidak ingin tulisan yang sudah dibuat hilang dihapus oleh para penjaga atau pengurus. Kelima pilar itu adalah:
  • Wikipedia adalah sebuah Ensiklopedia. Oleh karena itu, situs itu bukan tempat beriklan, situs blog, tempat menanyakan jawaban tugas, tempat berdakwah ataupun beropini.
  • Wikipedia memiliki sudut pandang netral. Makanya tulisan yang, misalnya mengandung SARA, akan segera dihapus dan hilang dari peredaran.
  • Wikipedia memiliki isi bebas, tetapi bukannya tanpa aturan. Gampangnya inget aja soal Hak Asasi Manusia (Lho koq????) Lha iya, setiap orang itu khan memiliki Hak Asasinya masing-masing dan bebas melakukan apa saja. Tetapi perlu diingat bahwa Kebebasannya itu dibatasin oleh Hak Asasi orang lain. Jadi selalu ada batasnya karena kalau tidak terbatas itu sama aja dengan tiada (ingat hukum Matematika).
  • Oleh karena itu, Wikipedia memiliki aturan tingkah laku. Aturan-aturan ini bukannya membuat susah tapi ini demi menjaga pilar-pilar diatas. Tugas ini kembali diemban oleh para pengurus. Dan yang terakhir
  • Tidak perlu terbebani aturan. Yang penting nulis aja dulu, sambil belajar apa yang boleh dan tidak. Pengalamanku sendiri mengajarkan bahwa tidak semua gambar yang ada di Internet bisa dimasukkan di Wikipedia karena pada dasarnya setiap gambar itu ada "copyright-nya". Bahkan udah sampai dua kali gambar yang udah aku upload hilang karena melanggar aturan itu, tapi tak pa-pa itu khan bagian dari proses belajar. Intinya satu, jangan takut untuk mulai menyunting, kalau dihapus pasti ada datanya si penghapus. Lha kita bisa nanya kenapa dihapus. Pasti mereka dengan senang hati akan menjelaskannya.

Kalau ada yang bertanya apa sich gunanya Wikipedia? Dari workshop yang udah aku ikutin berikut ini adalah gunanya:
  • Sumber rujukan. Selama ini tentunya kita tahu bahwa suatu ensiklopedia adalah tempat pertama yang kita tuju ketika Kita pengen tahu akan sesuatu. Nah kalau di Internet, Wikipedia inilah tempatnya. Trus, kalau kita ketikkan kata kunci di search engine Google, maka hampir dipastikan yang muncul di deretan-deretan atas adalah halaman dari Wikipedia. Oleh karena itu tidak salah jika perusahaan sebesar Newmont sudah mengalokasikan orang dan dana khusus guna memantau tulisan yang terkait dengan mereka di Wikipedia, sudahkah ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan lainnya??
  • Bahan riset. Di Wikipedia banyak bahan yang bisa dipergunakan untuk riset, dan ini seringnya dipergunakan oleh para peniliti
  • Hiburan, karena Wikipedia bukan blog maka tentunya kita gak bisa untuk menumpahkan uneg-uneg kita disana. Namun apa yang aku alami, dengan semangkin seringnya aku menulis ada rasa senang yang menjalari hati ini. Senang karena bisa berbagi ilmu dengan yang lainnya. Senang karena bisa menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa lain ke Bahasa Indonesia yang baku dan benar. Senang, karena tanpa disadari, telah memberikan kontribusi aktif kepada para insan Indonesia.
  • Selain itu dengan menulis atau menyunting di Wikipedia Indonesia, secara tidak langsung kita telah mempergunakannya sebagai tempat untuk "Latihan menulis dan menerjemahkan. Kenapa bisa begitu, karena biasanya sumber tulisan di Wikipedia Indonesia berasal dari Wiki berbahasa lain, umumnya ya Bahasa Inggris. Namun tidak menutup kemungkinan dari Wiki yang berbahasa Belanda, Perancis, Jerman, Jepang atau lainnya yang dikuasai oleh penulis di Wiki. Wikipedia bisa menjadi sarana untuk latihan menulis, khususnya menulis suatu tulisan, yang hampir mirip makalah dengan mempergunakan Bahasa Indonesia yang baku dan benar. Bedanya dengan Blog, di Wiki, tata bahasa yang dipergunakan adalah tata bahasa yang baku dan benar, sehingga tidak akan pernah ditemui disana bahasa slank, bahasa walikan, prokem ataupun bahasa gaulnya anak-anak Jakarta. Jika pengen nulis kayak gitu ya tempatnya di Blog. Tapi janganlah ini menjadi kendala karena secara dasar kita khan sudah bisa ber-Bahasa Indonesia, maka mulailah menulis di Wikipedia Indonesia, jangan tunda, jangan ragu, karena kebebasannya maka jika ada tulisan yang tidak benar pasti ada rekan-rekan dari komunitas yang turun tangan untuk membantu mengembalikannya ke relnya. Jika diperlukan apakah suatu tulisan layak masuk Wiki atau tidak, sering diambil melalui Voting. Saya sendiri pernah turut berpartisipasi didalamnya ketika ada seseorang yang mencoba menyimpang dari visi Wiki itu.
  • Komunitas dan sosialisasi. Dengan tidak mengesampingkan peran dari Friendster, Facebook, Multiply, Plurk dan jejaring sosial lainnya, dengan menjadi kontributor di Wikipedia Indonesia maka kita akan bertemu di dunia maya dan dunia nyata teman-teman kontributor Wiki lainnya. Toch dengan bertambah banyaknya teman kita, Insyallah jalan rejeki kita akan segera bertambah dan barokah...
Gak kerasa udah cukup panjang juga aku menulis kali ini, kalau boleh aku akan tutup tulisan ini dengan beberapa data yang layak kita cermati:
  • Wikipedia dirintis oleh Jimmy Wales pada awal 2001
  • Per Agustus 2008, sudah tersedia dalam 264 Bahasa termasuk Bahasa Jawa, Bahasa Banyumasan, Bahasa Melayu, Bahasa Sunda, Bahasa Bugis loch..
  • Mei 2003 adalah saat pertama Wikipedia Indonesia diluncurkan
  • Memiliki dan terkait dengan proyek lainnya yaitu: Wiktionary - Kamus dan Thesaurus; Wikibooks - Buku dan Manual; Wikiquote - Koleksi Kutipan; Wikisource - Naskah Sumber; Commons - Multimedia; Wikispecies - Data Species; Wikinews - Jurnalisme Masyarakat dan Wikiversity - Materi Pendidikan dan Pengajaran.
  • Wikipedia Indonesia menduduki nomor 25 jumlah artikel terbanyak dari total 264 edisi bahasa di Wikipedia. Prestasi yang membanggakan!
  • Wikipedia Indonesia menduduki peringkat ke-3 di Asia sebagai situs Wiki yang memiliki artikel terbanyak dari sekian bahasa yang diakui di ASIA. Indonesia menduduki peringkat ke-3 setelah Jepang (nomor 5 di dunia) dan Mandarin (nomor 12) di dunia. Terlihat dari data ini masyarakat Jepang sudah terbiasa menulis dibandingkan kita, dimana hal ini didorong oleh pemerintahannya dengan menerjemahkan semua buku ke dalam Bahasa Jepang. Apakah ini diperlukan untuk Indonesia??? Saya rasa tidak perlu..
  • Pernah tahu kata "daring"? Ini adalah Bahasa Indonesia baku untuk istilah On-Line. Daring sendiri singkatan dari "Dalam Jaringan". Lawan katanya adalah "luring" atau "Luar Jaringan".
  • Wikipedia secara keseluruhan telah memiliki 11 juta artikel dalam 264 bahasa dan merupakan situs ke-8 terpopuler menurut ALEXA.
  • Saat ini jumlah artikel di Wikipedia Indonesia telah menyentuh angka 87,800-an. Cita-citaku sich pengen bisa nyumbang artikel sehingga akhir tahun 2008 jumlahnya menyentuk angka, minimal 100,000 artikel.
Akhirnya aku mengajak semuanya untuk mulai berkontribusi aktif di Wikipedia Indonesia. Daripada dengerin acara gosip yang gak jelas, suntuk dengerin berita Ryan, dan lain sebagainya, alangkah baiknya jika mulai nge-Wiki. Oh ya, sebelum tulisanku ini benar-benar kusudahin, aku mau berbagi sedikit pengalamanku selama ini nge-Wiki. Karena selama ini aku menulis di Wikipedia Indonesia dari menerjemahkan tulisan di Wiki ber-Bahasa Inggris, maka semangkin banyaklah ilmu yang kutimba dari sana, dan dengan menulis di Wiki, maka aku membuka jendelaku dan terbang ke seluruh dunia melalui dunia maya... Subhanallah....

No comments: